Cara Menginstal Xampp di Linux openSUSE


Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan istilah “Locahost”, localhost marupakan istilah di mana kita membangun sebuah server lokal di komputer kita sendiri tanpa harus terkoneksi dengan internet atau biasa disebut intranet. Dengan adanya server localhost maka kita dapat membangun sebuah aplikasi berbasis jaringan baik itu berupa LAN maupun WLAN. Banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membangun sebuah server local, salah satunya adalah Xampp. Xampp marupakan paket aplikasi locahost dimana jika kita telah menginstal aplikasi ini maka selain kita dapat membangun server local menggunakan Apache nya, kita juga dapat membuat database dengan MySQL nya dan masih banyak lagi fitur yang di tawarkan olah Xampp ini. Hahh… kita langsung saja menuju ke tkp Ya.. πŸ˜€ Coffeemix sudah mau habis neh…. Heheheee….

Berikut ini adalah cara menginstal Xampp di Linux openSUSE, untuk linux yang lain gak jauh berbeda cara instalnya tinggal di sesuaikan saja.

  1. Download Xammp di http://sourceforge/project kali ini saya menggunakan Xampp 1.7.7.
  2. Pindahkan file Xampp-linux-1.7.7.tar.gz yang telah di download ke dalam folder Home openSUSE anda. Cukup melakukan copy dan paste ke folder Home anda.
  3. Buka terminal, login sebagai administrator, kemudian ketik di terminal.
  4. Jika perintah ekstrak sudah di tulis dengan benar, maka proses ekstrak akan berjalan, tunggu sampai proses ekstrak selesai.
  5. Untuk membuktikan bahwa kita telah berhasil mengekstrak Xammp, coba buka direktori /file system/opt. Maka anda akan menemukan folder baru dengan nama “lampp”.
  6. Untuk mempermudah menjalankan Xampp, setelah proses ekstrak selesai dan masih login sebagai administrator, jalankan perintah berikut.
  7. Untuk menjalankan Xampp, langsung saja buka terminal, login sebagai administrator dan ketikkan “sudo lampp start”, Kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini.
  8. Kemudian buka browser Anda, di sini saya menggunakan Mozilla Firefox. Ketik url http://localhost/” atau http://127.0.0.1” maka akan tampil seperti gambar di bawah ini yang menandakan bahwa Aplikasi Xampp Kita berhasil di instal dengan baik-baik sayang πŸ˜€
  9. Untuk menonaktifkan program Xampp ini, masih login sebagai administrator, ketikkan perintah “sudo lampp stop”, tampilannya seperti gambar di bawah ini.

Dengan tampilnya pesan diatas berarti Xampp kita berhasil di nonaktifkan, dan selesai juga nulis Cara Instal Xampp di Linux openSUSE… Hahhh capek juga πŸ˜€

Selamat mencoba dan semoga sukses ….




    Tinggalkan komentar